Sabtu, 10 Juni 2017

Lembar Penilaian Kinerja Peserta Didik (Materi Pengukuran Massa SMA)

LEMBAR PENILAIAN KINERJA
Kegiatan Praktikum    :
Kelas                           :
Nama Kelompok         : 1.
              2.
              3.
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
Skor
1
2
3
1
Mengecek alat
2
Mengkalibrasi alat
3
Mengoperasikan alat
4
Menyajikan hasil pengukuran
Jumlah Skor

Rubrik Penilaian Keterampilan
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria penilaian
3
2
1
1.
Mengecek alat
Mengecek setiap alat  percobaan (>50%) yang akan digunakan
Mengecek sebagian alat  percobaan (<50%) yang akan digunakan
Tidak mengecek setiap alat yang digunakan
2.
Mengkalibrasi neraca tig lengan
Mengkalibrasi neraca tiga lengan dengan memutar tombol kalibrasi hingga neraca mencapai garis kesetimbangan.
Mengkalibrasi neraca tiga lengan dengan memutar tombol kalibrasi namun neraca tidak mencapai garis kesetimbangan.
Tidak mengkalibrasi neraca tiga lengan
3.
Mengoperasikan alat
Mengoperasikan neraca tiga lengan dengan menggeser anting pada lengan skala paling besar terlebih dahulu  sampai garis kesetimbangan hampir tercapai.
Mengoperasikan neraca tiga lengan dengan menggeser anting pada lengan skala paling kecil terlebih dahulu sampai garis kesetimbangan hampir tercapai.
Tidak bisa mengoperasikan neraca tiga lengan dengan benar.
4.
Menyajikan hasil pengukuran
Menyajikan hasil pengukuran dengan mencantumkan ketelitian neraca tiga lengan dan menerapkan aturan angka penting
Menyajikan hasil pengukuran tanpa mencantumkan ketelitian neraca tiga lengan atau tanpa menerapkan aturan angka penting
Menyajikan hasil pengukuran tanpa mencantumkan ketelitian neraca tiga lengan dan tanpa menerapkan aturan angka penting





Lembar Observasi Sikap
Kelas         : ..........................
Nama         : 1.
                    2.
                    3.
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
Skor
1
2
3
1
Kehadiran
2
Keaktifan
3
Kedisiplinan
4
Kemampuan berkomunikasi
5
Kerjasama dalam kelompok
Jumlah Skor

Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kehadiran
1.    Tidak masuk  dan terlambat lebih dari 15 menit.
2.    Datang terlambat. (kurang dari 15 menit)
3.    Hadir tepat waktu pada proses pembelajaran.
2
Keaktifan
1.    Tidak pernah bertanya dan memberi pendapat.
2.    Pernah bertanya dan memberi pendapat (tidak lebih dari 2 kali)
3.    Sering bertanya dan memberikan pendapat (lebih dari 2 kali)
3
Disiplin waktu
1.          Tidak mengumpulkan tugas.
2.          Mengumpulkan tugas, namun terlambat (kurang dari 15 menit)
3.          Mengumpulkan tugas tepat waktu.

Kemampuan Berkomunikasi
1.         Tidak mampu berkomunikasi dengan baik di depan kelas.
2.         Mampu berkomunikasi cukup baik di depan kelas.
3.         Mampu berkomunikasi dengan baik di depan kelas.

Kerjasama dalam kelompok
1.         Tidak mampu bekerja sama secara kelompok (individual)
2.         Bekerja sama dalam kelompok saat melakukan percobaan saja, atau saat diskusi kelompok saja.
3.         Bekerja sama dalam kelompok saat melakukan percobaan dan diskusi kelompok.



UNtuk RPP silahkan kunjungi >> RPP PEngukuran Massa SMA (Direct Instruction)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KITA BISA SIAGA TSUNAMI ! (Apa itu tsunami dan mitigasinya)

Masih belum hilang dari ingatan kita tentang 13 tahun yang lalu tepat pada tanggal 26 Desember 2004. Sebuah bencana besar meluluh lantakk...